E-TLE akan di terapkan Wilayah Hukum Polda Kalsel, seperti ini cara kerjanya

Kamis, 15 April 2021 | 18:41
Penulis : Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke 61 Kompol Yusriandi Yusrin SIK, M.Medkom
Optimalisasi penerapan tilang Elektronik atau E-TLE sebagai wujud nyata Polri dalam menekan pelanggaran lalu lintas dan meminimalisir Pungli/Penyimpangan Hukum Oleh Polantas Wilayah hukum Kota Banjarmasin. Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) merupakan penegakan hukum di bidang lalu lintas yang cukup efektif, dengan menggunakan teknologi elektronik berupa kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition) yang dapat mendeteksi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor secara otomatis, merekam dan menyimpan bukti pelanggaran tersebut untuk bisa di gunakan sebagai bukti pasa saat penindakan. Hal ini terbukti efektif di lima kota di Indonesia seperti DKI Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo dan Makassar yang sudah menerapkan E-TLE. Sedangkan Untuk di Wilayah Hukum Polda Kalimantan Selatan, uji coba E-TLE di kota Banjarmasin mulai tanggal 28 April 2021 dan menyusul di Kota Banjarbaru yang baru tahap perencanaan. Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan melalui Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kalimantan Selatan AKBP M. Ifan Hariyat T. SH. SIK . MH menjelaskan bahwa

E-TLE ini merupakan suatu terobosan untuk memberikan tindakan hukum bagi pelanggar lalu lintas. Jadi saat di temukan pelanggaran bagi pengendara roda 2 atau lebih, pelanggar tidak langsung dapat tilang di tempat seperti biasa akan tetapi surat tilang akan di kirim kerumah pengendara. Walau pun nantinya pengendara tidak menghiraukan surat tilang tersebut maka saat akan mengurus perpanjangan surat kendaraan yang di pakai pengendara maka akan menemui kesulitan sehingga pengendara yang telah dapat tilang diwajibkan untuk mengurus permasalahan sebelumnya.

AKBP Ifan Hariyat juga menjelaskan bahwa program E-TLE ini nantinya akan meminimalisir terjadinya pungli dan pungutan yang tidak wajar sehingga secara langsung uang dari hasil tilang di dapat masuk ke pendapatan Negara. Uji coba atau trial untuk wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan adalah kota Banjarmasin pada tanggal 28 April 2021 seterusnya Kota Banjarbaru akan menerapkan hal serupa jelas ifan.
Top