8 Fraksi DPRD tala menerima dan setujui Raperda 2020

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 21:31

Delapan Fraksi di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Kabupaten Tala Tahun Anggaran 2020, dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tala, di ruang rapat DPRD, Selasa (15/10).

Penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD ini secara berurutan dimulai dari Fraksi PDIP, dari fraksi ini menyoroti beberapa hal yang menjadi perhatian diantaranya mengenai  perda tentang penyertaan modal yang belum disahkan. Fraksi ini dalam tanggapannya mengharapkan agar segera dibahas dan diselesaikan dengan prinsip kehati-hatian sehingga mendapat kepastian dalam pembiayaan.

Fraksi Gerindra juga menyampaikan hal yang menjadi perhatian setelah menyetujui dan menerima Raperda 2020, mengenai belanja pegawai yang menurun padahal jumlah pegawai meningkat terlebih dengan adanya penerimaan CPNS beberapa waktu lalu. Fraksi ini juga meminta informasi tentang kemampuan keuangan daerah apakah berada pada grade tinggi, sedang atau rendah.

Sementara itu Fraksi Nasdem meminta penjelasan mengenai rencana pembangunan kantor bupati mulai dari sumber pembiayaan, jadwal dan tahapan-tahapannya serta urgensinya. Fraksi Golkar, PKB, PKS, PAN dan Demokrat juga menyampaikan pemandangan umumnya terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2020 yang  menyetujui dan menerima untuk dapat dilanjutkan pada tahapan berikutnya.

Secara garis besar, struktur Raperda APBD 2020 yang sudah disampaikan Bupati Tala H Sukamta antara lain untuk sektor pendapatan daerah ditargetkan Rp 1,243 triliun atau turun 14,23 persen dibandingkan target APBD murni 2019. Estimasi pendapatan daerah terdiri, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah.

Terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD ini Bupati H Sukamta akan memberikan penyampaian jawaban yang dijadwalkan pada, Rabu (16/10).

Kegiatan ini dihadiri pula Plt Sekda Tala Muhammad Darmin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para asisten, staf ahli, para kepala SKPD, para camat, dan anggota DPRD Tala.
Top