PROGRAM GAPURA KAROMAH DI LUNCURKAN BUPATI TALA

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 21:31
Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta melaunching Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah) pada saat apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Tala, Senin (21/10).
Program Gapura Karomah sendiri adalah merupakan salah satu program unggulan yang sudah dirancang bupati dan wakil bupati dalam visi misi pembangunan 2018—2023. Program yang dikenal dengan bunga nol persen ini dipaparkan bupati untuk mendorong ekonomi rakyat atau penggiat Industri Kecil Menengah (IKM) di Tala.
“Ini bukan bagi-bagi uang dan bukan pemerintah daerah yang meminjamkan tapi BPR. Pemerintah menginvestasikan uang untuk tahap pertama sebesar Rp 10 miliar dan tahun depan sebesar Rp 22,5 miliar. Supaya IKM kita bisa berkembang karena modalnya tidak kita bebani bunga, intinya kita bicara kesejahteraan bagaimana IKM kita tumbuh dan mendapat keuntungan dari modal yang dipinjamkan BPR,” papar bupati.
Bupati juga menyebut jika program bunga nol persen ini merupakan program satu-satunya di Indonesia yang bisa dilaksanakan Kabupaten Tala. Beliau juga mengharapkan dengan telah dilaunchingnya program ini bisa membuat IKM Tala tumbuh dan berkembang semakin baik.
“Ini sudah kita launching hari ini sehingga sudah hampir kita penuhi tujuh program unggulan yang jadi janji kampanye saya bersama wakil bupati. Saya bersyukur dan berterimakasih pada tim yang sudah mewujudkan bunga nol persen ini,” ujarnya.
Sementara itu kegiatan launching ditandai  dengan penyerahan berkas calon peminjam yang memiliki jenis usaha mikro sektor usaha pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, industri kecil dan usaha lainnya yang berlokasi dan berdomisili di wilayah Kabupaten Tala.
Launching juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan investasi daerah berupa pinjaman modal usaha mikro diantaranya oleh bupati, wakil bupati, Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Plt. Sekretaris daerah, Asisten Ekobangkesra, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Inspektur Kabupaten Tala, Kepala BPKAD serta Kepala Bappeda.
Sementara data awal yang diterima SKPD teknis yang sudah diverifikasi menjadi calon peminjam adalah dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan sebanyak 350 orang, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan sebanyak enam orang, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan 30 orang serta Dinas Peternakan sebanyak delapan orang.
Top