TANAH LAUT PEROLEH PENGHARGAAN SAKIP

Kamis, 13 Februari 2020 | 14:38
Pemerintah Daerah Tanah Laut mendapatkan penghargaan Senin (27/01) bertempat di hotel inaya inaya nusa dua Denpasar Bali diadakan Penyerahan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (SAKIP) award 2019  wilayah II Provinsi/Kabupaten/ Kota ( Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur,  Nusa Tenggara, Kalimatan dan Lampung). Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman turut berhadir menerima Penyerehan SAKIP Tanah Laut Tahun 2019. Tahun ini Tanah Laut berhasilmempertahankan predikat "B" dan mengalami peningkatan nilai dari sebelumnya tahun 2018 mendapat nilai 63,61 tahun ini menjadi 64,89.

Abdi Rahman Wakil Bupati Tanah Laut menyampaikan rasa syukurnya karena Tala mampu meningkatkan nilai SAKIPnya dari 63,61 menjadi 64,8,
"alhamdulillah kita telah menerima penyerahan SAKIP dan daerah kita menunjukan kemajuan yang positif" ucap Abdi

Pemerintah Daerah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD terkait yang turut membantu dalam penyusunan SAKIP tahun 2019 sehingga bisa mempertahankan nilai yang baik. Ia juga berharap target tahun kedepanSAKIP Tala akan lebih baik lagi dan beberapa hal dapat dikoreksi dan perbaiki.


"Saya optimis dengan sistem perencanan yang terpadu akan lebih baik lagi , sesuai dengan arahan dari kemenpan RB dan Gubernur kami akan melakukan perbaikin laporan SAKIP kedepannya," tutur Abdi

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh mewakili Menteri PanRB mengatakan untuk hasil rapor SAKIP 2019 banyak peningkatan perubahan tiap daerah.

“Ada peningkatan dari kabupaten/kota, dari 65 jadi 68 kemudian untuk provinsi dari 67 jadi 69. Tapi ini untuk wilayah II saja. Saya harap bisa lebih dari itu di tahun 2020 capaian bisa lebih dari itu,” imbuh Muhammad Yusuf.

Setiap tahun Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. Evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori. 

Selain itu, rapor SAKIP bukan hanya menitik beratkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat

Dalam acara ini juga turut hadir Sekda Kab. Tanah Laut Daniel Kipli, Kepala Inspektorat Sutrisno dan Kepala BAPPEDA Adris Evony.
Top