SUKAMTA DENGARKAN ARAHAN MENDAGRI

Kamis, 16 April 2020 | 23:53
Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta mengikuti Video Conference (Vidcon) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tito Karnavian bersama para menteri dan kepala daerah se Indonesia, di Ruang Rapat Barakat, pada Selasa (7/3).
 
Dalam vidcon tersebut Mendagri didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kenetagakerjaan Ida Fauziah dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.
 
Tito mengatakan pelaksanaan rapat koordinasi ini adalah sebagai upaya untuk memastikan sinkronisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait program percepatan penanganan Covid-19.
 
Mendagri juga mengingatkan kepala daerah agar senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam rangka mengambil kebijakan selama penanganan covid-19 ini. Pihaknya juga menekankan bahwa di beberapa daerah berbagai inovasi telah dilakukan dalam menyikapi penanganan covid-19 ini.
 
Ditemui secara terpisah Sukamta mengatakan bahwa vidcon tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat mengenai penanganan Covid-19 di daerah. Ia menambahkan bahwa hal ini harus ditangani secara teknis kesehatan dan ekonomi yang baik.
 
“Kesehatan kita jalankan, ekonomi juga harus tetap jalan. Karena kalo kita fokus dikesehatan ekonomi akan hancur sehingga kemampuan kita untuk menangani kesehatan juga akan menurun yang akan menyebabkan kegagalan dikedua hal tersebut,” ucap Sukamta.
 

Bupati Tala mengatakan untuk jaring pengaman sosial atau social safety net untuk tenaga-tenaga informal, seperti tenaga buruh harian yang saat ini sedang diliburkan dan tidak mendapatkan penghasilan, para pedagang kaki lima yang pendapatannya terjadi penurunan, “kita harus segera menyusun program untuk membuat jaring pengaman sosial kepada mereka, utamanya adalah untuk kebutuhan makan minum keluarga,” ujarnya.

 
Turut berhadir pada vidcon tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tala Masturi, Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Muhammad Darmin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tala Rizayadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Joko Wuryanto, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Akhmad Mustadi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Tanah Laut Kody Rawi, Direktur RSUD Hadji Boejasin Pelaihari Isna Farida, dan beberapa pejabat lainnya.

 
Top