Bupati Ajak Warga Mampu Pakai Gas Nonsubsidi

Kamis, 12 November 2020 | 01:40

Upaya untuk memastikan penggunaan LPG tepat sasaran terus digencarkan PT Pertamina (Persero). Kali ini, PT Pertamina bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala memberikan program penukaran 2 tabung kosong LPG subsidi 3 kilogram menjadi Bright Gas 5,5 kilogram dengan biaya Rp 30 ribu.

Kegiatan tersebut  digelar di Halaman Diskopdag Tala, Pelaihari, Kamis (12/11/2020).

Kepala Diskopdag Tala Drs. H Syahrian Nurdin mengatakan bahwa masyarakat juga bisa menukarkan satu buah tabung gas LPG 3 kilogram kosong dengan tabung Bright Gas 5,5 kilogram,”Kalau cuma satu tabung gas LPG 3 kilogram bisa ditukarkan dengan tabung 5,5 kilogram, namun dengan biaya Rp 150 ribu,”jelas Syahrian.

Syahrian Nurdin menegaskan bahwa program ini dilakukan agar penyaluran gas LPG 3 kilogram bersubsidi tepat sasaran, “Dimohon kepada masyarakat yang mampu menukarkan tabung gas LPG 3 kilogram dengan yang 5,5 kilogram, karena LPG 3 kilogram hanya untuk masyarakat kurang mampu, sehingga distribusi LPG 3 kilogram bersubsidi tepat sasaran,”tegasnya.

Senada dengan yang diungkapkan Kadiskopdag Tala, Bupati Tala Sukamta mengungkapkan bahwa program ini sebagai upaya Pemkab Tala bersama dengan berbagai pihak untuk memastikan penggunaan LPG sesuai peruntukannya, dengan mengajak masyarakat mampu, untuk menggunakan LPG Non Subsidi. “Saat ini gas LPG 3 kilogram cukup langka dan harganya fluktuatif, salah satu penyebabnya adalah tidak ratanya distribusi yang tepat sasaran, ini malah orang mampu juga ikut pakai gas bersubsidi,”ucapnya.

Sukamta ingin agar seluruh warga Tala yang mampu agar menukarkan tabung gas LPG 3 kilogramnya dengan Bright Gas 5,5 kilogram, “Kegiatan ini merupakan saat yang tepat bagi kita, untuk meringankan beban negara, dan juga beban masyarakat khususnya masyarakat pra sejahtera agar subsidi benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat yang berhak. Sehingga kelangkaan gas LPG 3 kilogram tidak terjadi lagi,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar operasi pasar murah gas LPG 3 kilogram dengan harga Rp 19 ribu.

 

Top